Selasa, 14 Maret 2017

KOMUNIKASI MASSA

Komunikasi Massa

Pengertian dan Karakteristik Komunikasi Massa

PENGERTIAN KOMUNIKASI MASSA

Bittner 1980 mengatakan bahwa komunikasi masa ialah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa dalam sejumlah besar orang.

DeFleur dan Dennis 1985 dalam bukunya Understanding Mass Communication komunikasi massa adalah suatu proses dalam mana komunikator menggunakan media untuk menyebarkan pesan secara luas dan secara terus menerus menciptakan makna yang diharapkan dapat mempengaruhi khayalak yang besar dan berbeda-beda melalui berbagai cara.

KARAKTERISTIK KOMUNIKASI MASSA

    Pertama, komunikasi melalui media massa pada dasarnya ditujukan ke khayalak atau masyarakat yang luas, heterogen,anonim, tersebar, serta tidak mengenal batas geografis-kultural. Kedua bentuk kegiatan melalui media massa bersifat umum, bukan pribadi ataupun perseorangan. Ketiga, pola penyampaian pesan media massa berjalan secara cepat dan mampu menjangkau khayalak luas, bahkan tidak terbatas baik geografis maupun kultural. Keeempat penyampaian pesan melalui media massa cenderung berjalan satu arah. Kelima, kegiatan komunikasi melalui media massa dilakukan secara terencana,terjadwal, dan terorganisasi. Keenam, penyampaian pesan melalui media massa dilakukan secara berkala tidak bersifat temporer. Ketujuh, isi pesan yang disampaikan melalui media massa dapat mencakup berbagai aspek kehidupan manusia seperti sosial,ekonomi, politik, budaya, dll.

Proses dan Karakteristik Isi Pesan Komunikasi Massa

PROSES KOMUNIKASI MASSA

         Inti dari model komunikasi Schramm adalah pengorganisasian media artinya media menerima informasi dari berbagai sumber maka tim redaksi yang berfungsi gatekeeper (penjaga gerbang) yang melakukan seleksi atas isi pemberitaan yang layak dimuat. Tim redaksi menjalankan fungsinya sebagai decoder,interpreter, dan encoder yang berartikan membaca,menilai dan menyeleksi berita yang masuk dan memutuskan hal yang layak dimuat atau disiarkan di media tersebut. yang lolos seleksi dimodifikasi oleh tim redaksi. Kegiatan selanjutnya menyebarkan maupun menyiarkan pesan media tersebut kepada khayalak. Karena proses komunikasi massa ini berlangsung satu arah, umpan balik (feedback) bersifat dugaan atau tertunda. Misalnya bila ia tidak tertari dengan acara yang disiarkan ia akan berhenti melihat acara tersebut.

KARAKTERISTIK ISI PESAN MEDIA MASSA


  1.  Novelty atau sesuatu yang baru
  2.  Jarak dekat maupun jauh
  3. Popularitas
  4. Pertentangan
  5. Komedi
  6. Seks dan keindahan
  7. Emosi
  8. Nostalgia
  9. Human interest
FUNGSI KOMUNIKASI MASSA

A. FUNGSI TERHADAP MASYARAKAT
  1.  pengawasan lingkungan
  2. korelasi antara bagian masyarakat untuk menanggapi lingkungannya
  3. sosialisasi atau pewarisan nilai-nilai
  4. hiburan
            a. mengukuhkan status
            b. memperkokoh norma-norma sosial

B. FUNGSI TERHADAP INDIVIDU

1. Pengawasan atau pencarian informasi
2. Mengembangkan konsep diri
3. Fasilitasi dalam hubungan sosial
4. Subtitusi dalam hubungan sosial
5. Membantu melegakan emosi
6. Sarana pelarian dari ketegangan dan keterasingan
7. Sebagai bagian dari kehidupan rutin atau ritualisasi

Dampak Komunikasi Massa

A. Dampak Media Massa Sebagai Objek Fisik

1. Ekonomis
2. Sosial
3. Jadwal Kegiatan
4. Media massa sebagai penyaluran perasaan tertentu

B. Dampak Pesan Media Massa

1. Kognitif
2. Afektif
3. Konatif

Dampak dari pesan media massa akan semakin kuat bila ditunjang beberapa kondisi: 1. exposure jangkauan pengenaan, kredibilitas, konsonansi, signifikasi, sensitif, situasi kritis, dukungan komunikasi antar pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar