Rabu, 15 Maret 2017

Prinsip Dasar Komunikasi yang Efektif

Karakteristik Sumber

A. Kredibilitas Sumber

      Kredibilitas dimana suatu kondisi sumber punya pengetahuan, keahlian atau pengalaman yang relevan dengan topik pesan yang disampaikan sehingga pihak penerima percaya bahwa pesan yang disampaikan bersifat obyektif. Lazimnya faktor kredibilitas sumber dilihat dari dua dimensi keahlian dan kepercayaan. Dengan demikian seorang komunikator berhasil apabila dipandang punya pengetahuan dan keahlian, dinilai jujur punya integritas serta dipercayai oleh pihak komunikan khayalak. Menurut Rogers 1983 kredibilitas berkaitan dengan status atau kedudukan formal disebut Competence credibility, namun safety credibility tidak berkaitan dengan status maupun kedudukan formal.

B. Daya Tarik Sumber

   Daya tarik sumber merupakan keberhasilan apabila sumber dinilai menarik oleh penerima maka upaya persuasi akan ada proses identifikasi dalam diri pihak penerima masih pantas ditiru atau si sumber tidak berubah.

C. Kekuatan atau Kekuasaan Sumber
 
       Kekuatan atau kekuasaan sumber terhadap pihak penerima secara umum dapat terjadi melalui empat cara. Pertama kharisma adalah faktor bawaan yang melekat pada diri seorang. seseorang yang tergolong kharismatik mempunyai kekuatan mempengaruhi orang lain. Misalnya seorang pemimpin Soekarno adalah salah satu diantara tokoh kharismatik. Kedua wibawa otoritas.  Faktor ini berkaitan dengan kedudukan atau otoritas formal sebagai pemimpin suatu kelompok atau organisasi akan punya kekuatan mempengaruhi orang yang menjadi bawahannya. Ketiga, kompetensi atau keahlian diperoleh dari seseorang melalui proses belajar bukan sifat bawaan maupun pemberian sehingga dia harus berusaha punya keahlian memperdalam suatu bidang yang ia lihai maka akan dipandang oleh orang-orang. Keempat pemenuhan atau compliance. Sumber dinilai punya kekuatan apabila ia mampu memberikan imbalan dan hukuman kepada penerimanya. Ini berarti seseorang atau sekelompok orang menerima ide atau anjuran dikarenakan adanya perolehan imbalan atau menghindari hukuman maupun sanksi. Proses penerimaan yang demikian disebut sebagai compliance atau pemenuhan.

Bentuk dan Teknik Penyajian Pesan


  Bentuk dan teknik penyajian mencakup dua aspek:

  1. Struktur dan daya tarik pesan (appeals)
  2. Struktur pesan menunjuk pada cara mengorganisasikan elemen-elemen pokok dari pesan.                         

 Cara pengaturan struktur pesan mencakup 3 hal

  • sisi pesan
  • urutan penyajian
  • penarikan kesimpulan
Selain itu ada 4 pendekatan yang dapat digunakan agar penyajian pesan menarik perhatian khayalak
  1.  feal appeals-> suatu penampilan pesan yang menonjolkan unsur ancaman maupun bahaya.
  2. rational appeals-> suatu pesan yang mengutamakan logis-rasional dan faktual.
  3. emotional appeals->suatu pesan yang bersifat emosional menyangkut perasaan.
  4. humoris appeals-> suatu teknik penyajian pesan disusun secara humoris.
Karakteristik Saluran Komunikasi


   Terdapat tiga saluran komunikasi yang dipergunakan dalam penyampaian pesan kepada masyarakat ialah saluran komunikasi personal, saluran komunikasi non-personal dan saluran komunikasi melalui media massa. Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil komunikasi optimal akan lebih baik dipergunakan pembauran atau kombinasi penggunaan saluran komunikasi antarpribadi,media massa karena masing-masing saluran punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pemilihan satu atau beberapa media komunikasi dilakukan sedikitnya dua pertimbangan. Pertama, pertimbangan melalui karakteristik media dan karakteristik isi dan penyajian pesan disampaikan secara kreatif.

Karakteristik Khayalak

 
  Khayalak merupakan faktor keberhasilan komunikasi apabila pesan yang disampaikan melalui saluran dapat diterima maupun sampai pada khayalak, dan mendapatkan tanggapan positif. Seperti Schram menyatakan bahwa seorang perancang komunikasi yang baik akan mempertanyakan siapa yang akan menjadi sasaran penyampaian pesan.

Khayalak merupakan sekumpulan orang yang terbentuk akibat dari kegiatan komunikasi dilakukan jumlah besar,tersebar,diantaranya tidak saling mengenal satu dengan yang lainnya, juga heterogen sehingga banyak karakteristik khalayak seperti khalayak sebagai penggarap informasi, khayalak sebagai problem solver dapat memecahkan masalah yang sedang dihadapi, khayalak sebagai mediator,khayalak yang mencari pembela, khayalak sebagai anggota kelompok, khayalak sebagai kelompok, selera khayalak yang berbeda-beda,khayalak sebagai khayalak suatu medium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar